EDUCATIONAL ADMINISTRATION OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS ( TOTAL QUALITY MANAGEMENT )



Educational Administration of Elementary School Teachers (Total Quality Management) adalah suatu sudut pandang pada proses kerja dari sistem pengelolaan pendidikan terhadap sistem organisasi sekolah yang dapat meningkatkan totalitas mutu mengenai kualitas edukasi yang berhubungan langsung dengan pendidikan formal sekolah.

Sehubungan dengan pengertian di atas, maka authors tertarik untuk membahas tentang administrasi pendidikan sekolah berdasarkan manajemen mutu terpadu dengan menghimpun ide-ide dari berbagai authors yang memiliki latar belakang disiplin ilmu berbeda.

 

Love Story


Seorang guru TKIT adalah sosok yang istimewa. Mereka memiliki peran yang tak tergantikan dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi, dan memberikan cinta kasih kepada anak-anak. Kisah-kisah dalam buku ini menghadirkan para pahlawan tanpa jas putih yang berdiri di garis depan pendidikan, membawa cahaya kegelapan, dan menciptakan jejak-jejak kebaikan yang abadi.

Melalui cerita-cerita ini, Anda akan mengenal guru-guru hebat yang membangun hubungan yang akrab dengan murid-murid mereka, memperhatikan setiap keunikan dan kebutuhan anak, dan menemukan cara kreatif untuk mengajar dan menginspirasi. Kisah-kisah ini tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga memberikan wawasan dan pelajaran berharga bagi para pendidik di seluruh dunia.

 

AT-TAISÎR FÎ SYARH MANZHÛMAH TUHFAH ALIHTIDÂ’


Riwâyah Hafsh ‘an ‘Âshim adalah adalah riwâyah yang dibaca oleh mayoritas kaum muslimin di seluruh dunia karena secara umum bacaan pada riwâyah ini diklaim lebih mudah dibandingkan riwâyah lainnya. Faktor lainnya adalah karena hampir seluruh Al-Qurân di negara-negara Islam dicetak dengan riwâyah Hafsh, terkhusus tharîq asy-Syâthibiyyah.

Konsistensi dalam membaca Al-Qur`ân dengan qirâah, riwâyah, dan tharîq tertentu adalah suatu keharusan yang telah ditetapkan oleh para ulama qirâât. Betapa banyak kaum muslimin yang talfîq, yakni mencampur adukkan antara qirâah yang satu dengan qirâah yang lain, riwâyah yang satu dengan riwâyah yang lain, begitu pula antara tharîq yang satu dan tharîq yang lain, karena keterbatasan pengetahuan.

At-Taisîr fî Syarh Manzhûmah Tuhfah alihtidâ’ merupakan penjelasan dari 30 bait syi’ir karya asy-Syaikh ‘Abd ar-Rahmân Mukhtâr asy-Syinqithî al-Madanî -hafizhahullâh ta’âlâ- yang membahas kekhususan pada riwâyah Hafsh tharîq asy-Syâthibiyyah secara komprehensif yang diharapkan dapat memudahkan para pembaca Al-Qurân untuk dapat mengingat dan mengikat kekhususan yang ada pada Riwâyah Hafsh tharîq asy-Syâthibiyyah agar tidak terjatuh pada talfîq sebagaimana penjelasan di atas.

Tidak hanya fokus pada tharîq asy-Syâthibiyyah saja, penyarah juga menambahkan materi tambahan terkait kekhususan yang pada thuruq lainnya seperti hukum nûn sâkinah atau tanwin bertemu huruf lâm atau râ`, hukum sukûn sebelum hamzah, hukum takbîr, dan juga qashr al-munfashil yang dirangkum dari berbagai sumber dan literasi, serta melalui proses validasi  dan bimbingan intensif dari para pakar untuk menambah wawasan para pembaca sekalian. Selamat membaca, semoga bermanfaat.


 

Dinamikan Negara Hukum Demokratis Pasca Perubahan UUD 1945




 

Buku ini dibagi dalam beberapa sub bab yang menjadi pembahasan. Pertama, Pokok-Pokok Haluan Negara dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia; Kedua, Pemilihan Umum; Ketiga, Perkembangan Kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara; dan Keempat Penataan Legislasi dan Peraturan Kebijakan.


MANAJEMEN PEMBANGUNAN



Konsep manajemen pembangunan (management of development) merupakan perspektif yang sering di gunakan juga dalam konsep andministrasi ( administration of development ) karena tata kelola adminstrasi dalam pemerintahan menjadi wajib dan tolak ukur kemajuan pembangunan. Hal ini yang sering di terjemahkan bentuk tata kelola pemerintahan menjadi salah satu dimensi kebutuhan formal di semua level sistem pemerintahan. Manajemen pembangunan juga merupakan kebutuhan di semua aspek kehidupan manusia dan pemerintahan. Dalam konteks pemerintahan, pembangunan menjadi syarat dasar dan kewajiban pemerintah untuk melaksanakan pembangunan wilayahnya. Implementasi kebijakan pembangunan yang berupa program pembangunan pada kenyataannya sering menimbulkan konflik dan berdampak pada lingkungan

Untuk memahami fungsi dan peran manajemen pembangunan secara baik dan utuh, konsep manusia, kemiskinan dan lingkungan menjadi materi bahasan yang di susun dalam buku ini sebagai gambaran mengapa dan bagaimana seharusnya pembangunan ini berjalan secara holistic dan komprehensif, khususnya dalam bidang manajemen perencanaan dengan aspek kebijakan pemerintah dan lingkungan serta bidang sosial khususnya kemiskinan.


Pemilihan Umum di Indonesia


Buku ini ditulis sebagai bahan referensi  khususnya pada mata kuliah Partai Politik dan Pemilu di Jurusan Ilmu Pemerintahan, tetapi juga bisa menjadi bahan referensi untuk mempermudah mahasiswa memahami dan mempelajari materi perkuliahan dengan lebih sistematis pada mata kuliah yang lain seperti Pengantar Ilmu Politik, Sistem Politik Indonesia, Sistem Demokrasi, Tata Kelola Pemilu pada strata Sarjana S1 maupun Magister S2 

 

Sejarah, Falsafah, dan Adat Istiadat Suku Semende


Buku ini berisikan bagaimana adat dari suku semende yang merupakan salah satu suku pada pulau sumatera. Suku semende memiliki ciri khas dalam bidang seni, prilaku, kehidupan sosial yang berkembang di dalamnya. Hal itu merupakan sebuah identitas dari suku adat semende itu sendiri 

Pedoman Asupan dan Asuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan




 Periode 1000 hari pertama adalah periode emas dimana anak yang mendapatkan auhan dan asupan yang baik akan berkembang dengan optimal sebagai sumberdaya pembangunan di masa yang akan datang

BERBAGAI DIMENSI DALAM HUKUM PIDANA


 Perkembangan hukum pidana di era kontemporer saat ini selalu menarik untuk di bahas karena sifatnya yang multidimensi. Luasnya dimensi hukum pidana juga menyebabkan  sudut pandang yang beragam bagi pengkajinya untuk menganalisis persoalan pidana di berbagai bidang.

Buku ini pada akhirnya disajikan kepada para pembaca sebagai bagian dari ikhtiar para penulisnya dalam upaya memberikan sumbangsih bagi perkembangan hukum pidana di Indonesia. Semoga buku ini menjadi salah satu puing puzzle yang ikut melengkapi puing puzzle lainnya untuk hukum pidana yang lebih baik.

Administrasi Pendidikan Islam


Administrasi Pendidikan Islam mengandung pengertian yang berbeda, serta arti sendiri-sendiri yang bila di rangkai menjadi satu kata yaitu Administrasi Pendidikan Islam akan memiliki pengertian yang berbeda dengan pengertian sebelumnya.

Administrasi pendidikan Islam adalah suatu proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan, dan pembiyaan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personel, materiil maupun spirituil untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Yang intinya administrasi Pendidikan Islam adalah segenap proses pengolahan dan pengintegrasian segala sesuatu atau potensi dalam suatu aktivitas kelembagaan, baik personal, spiritual dan materil, yang bersangkutan dengan pencapaian tujuan pendidikan.

Tujuan administrasi pendidikan Islam dapat dikelompokkan kepada tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah agar tersusun dan terlaksana suatu system pengelolaan komponen instrumental dari proses pendidikan yang meliputi komponen siswa, pegawai guru, sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tata usaha dan hubungan sekolah dengan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara efektif yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Tujuan jangka menengah administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan institusional setiap jenis dan jenjang serta program pendidikan. Sedangkan tujuan jangka panjang administrasi pendidikan adalah tujuan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Ruang lingkup administrasi pendidikan Islam sangat luas, meliputi sekalian usaha, proses tindakan penyelenggaraan, pelayanan, bimbingan, pengaturan dan mengawasi semua personal yang terlibat dalam kegiatan administrasi, termasuk pula masalah kepemimpinan, bagaimana sikap dan sifat seseorang pemimpin yang dikehendaki dalam pendidikan type-type kepemimpinan nama yang sesuai, syarat-syarat apa yang diperlukan sebagai seorang pemimpin yang baik. Namun demikian secara rinci, ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi : Administrasi Tatalaksana Sekolah dan Madrasah, Administrasi personel guru dan pegawai sekolah dan madarsah, Administrasi peserta didik, Administrasi Supervisi pengajaran, Pelaksanaan dan  pembinaan kurikulum, Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah dan madrasah.

Fungsi administrasi pendidikan Islam dan peranannya dalam dunia pendidikan sangatlah penting, karenanya administrasi pendidikan mempunyai tempat yang sangat strategis dalam implementasinya. Oleh karena itu administrasi pendidikan dalam melaksanakan tugasnya mempunyai beberapa fungsi, sebagai berikut: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pengkoordinasian (coordinating), Komunikasi, Supervisi, Pembiayaan (budgeting), Kepegawaian ( staffing ), Penilaian (evaluating)

Untuk itu atas kehadiran buku Adminstrasi Pendidikan Islam ini penulis berharap kiranya dapat memberikan ide dan saran bagi guru, kepala sekolah dan madrasah, pengawas dan dosen sebagai penjelasan dan solusi atas berbagai permasalahan pembelajaran di tingkat sekolah dan madrasah. 

 

KONSELING KRISIS


Buku ini berisi pendekatan konseling (counseling approach) disebut juga teori konseling, merupakan dasar bagi suatu praktek konseling. Pendekatan itu dirasakan penting karena jika dapat dipahami berbagai pendekatan atau teori-teori konseling, akan memudahkan dan menentukan arah proses konseling. Akan tetapi, untuk kondisi Indonesia, memilih satu pendekatan secara fanatik atau kaku adalah kurang bijaksana. Hal ini disebabkan suatu pendekatan konseling biasanya dilatar belakangi oleh paham filsafat tertentu yang mungkin saja tidak sesuai sepenuhnya dengan paham filsafat di Indonesia.


 

Teknologi Pendidikan Kejuruan


 

Buku ini menyajikan berbagai aspek yang berkaitan erat dengan manajemen pendidikan, antara lain: Technopreneurship Siswa; Pengembangan Karakter Wirausaha Siswa; Minat Technopreneurship Bagi Siswa; Motivasi Ber-Technopreneurship; Pemanfaatan Marketplace dalam Kegiatan Bisnis di Era Digital; Urgensi Technopreneurship dan Peranan Society 5.0 Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan; Memulai Usaha dari Rumah sebagai Peluang Usaha Baru, Kewirausahaan Digital; dan Technopreneurship di Era Globalisasi.

Fisika Kuantum


 

Buku Ajar Fisika Kuantum merupakan Seri Belajar Fisika untuk Guru dan Calon guru yang ditulis setelah buku seri pertama yang sama tentang Termodinamika. Buku ini menyajikan konsep dasar fenomena kuantum dan metode penyelesaiannya yang tefokus pada penerapan persamaan Schrodinger untuk sistem 1 D maupun 3D. Kesulitan penggunaan dan manipulasi matematika yang biasanya muncul pada perkulihan Fisika Kuantum di kelas mahasiswa calon guru Fisika, dalam buku ini disajikan solusi penyajian yang sedikit agak rinci sehingga memudahkan mahasiswa untuk mengikuti pembahasan konsep-konsep dan aplikasi fenomena Kuantum dengan lebih mudah dan fleksibel. Selain itu diberikan pula contoh dan latihan soal penyelesaian masalah Fisika, dengan harapan mahasiswa calon guru Fisika dan Guru Fisika dapat menggunakan buku ini sebagai referensi dalam mengembangkan kompetensi profsional dan kompetensi pedagogik dalam menyajikan matakuliah Fisika Kuantum yang lebih mudah dan menyenangkan

Mendadak Coach


 

Coaching adalah sebuah fenomena menarik karena beberapa alasan. Pertama, coaching adalah cara baru kekinian yang semakin populer pada organisasi modern di proklamirkan David Logan sebagai revolusi coaching (coaching revolution). Kedua, konsep coaching kehidupan (life coaching) yang merekomendasikan agar psikolog dan psikiater mengubah praktik mereka dari konseling terapeutik ke coaching kehidupan (life coaching) (Tangen, 2010).

Fenomena diatas memunculkan banyaknya orang yang memiliki kapasitas menjadi coach, namun untuk menjadi coach yang sangat baik dan efektif dibutuhkan beberapa keterampilan, kualitas dan pola pikir. Keterampilan adalah sesuatu yang harus dipelajari, kualitas lebih melekat namun bagaimanapun perlu diperkuat dan diperdalam, dan pola pikir adalah kerangka pikiran dimana coach akan bekerja.

Didalam buku ini akan dibahas Coaching yang sebenarnya (Coach as a coach=Great Coach), terutama terkait coaching pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS).