Perkembangan Hukum Kesehatan dalam Berbagai Dimensi Hukum Jilid 1

 



Setiap warga negara Indonesia berhak atas kesehatan berdasarkan Pancasila yaitu sila ke-5, hak kesehatan juga tertuang dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia 1945 dalam pasal 28 H ayat (1) “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.” dan pasal 34 ayat (3) “Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak”, sebagai dasar hukumnya memberikan arahan terhadap Pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan tujuan kesejahteraan umum, kesehatan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Tanpa kesehatan, seseorang tidak akan mampu  memperoleh hak-hak lainnya. Begitu pentingnya kesehatan, sehingga sering dikatakan bahwa kesehatan bukan segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segala-galanya tidak bermakna. Definisi kesehatan menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan (selanjutnya disebut Undang-Undang Kesehatan) tercantum dalam pasal 1 ayat (1) yang berbunyi  Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual  maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup  produktif secara sosial dan ekonomis. 

Fisika Teknik

 

Fisika merupakan salah satu mata kuliah fundamental yang membahas berbagai fenomena dan kejadian dalam kehidupan sehari-hari, yang tidak lepas dari kajian ilmu fisika.  Di dalam buku ini, kami membahas berbagai konsep dasar yang penting dalam fisika teknik, seperti besaran dan satuan, vektor, kesetimbangan,  gerak, hukum Newton, momentum dan tumbukan, usaha dan energi, hidrolika, termodinamika, perpindahan panas, kelistrikan, dankemagnetan. Setiap topik disajikan dengan cara yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh-contoh aplikasi praktis yang relevan dengan dunia industri.  Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi, khususnya para praktisi industri yang telah  memberikan masukan dan saran. Masukan mereka sangat berharga dalam memastikan bahwa buku ini sesuai dengan kebutuhan industri dan dapat menghubungkan teori dengan praktik di lapangan. 

Buku Ajar Ilmu Negara

 



Sejarah Singkat Ilmu Negara Fenomena negara sebagai gejala dalam kehidupan bersama manusia sudah menarik perhatian sejak ribuan tahun lalu jauh sebelum istilah negara dikenal. Menurut catatan sejarah, Bangsa Yunani Kuno tercatat sebagai bangsa yang pertama mempelajari negara. Maka, dapat dikatakan bahwa cikal bakal ilmu pengetahuan kenegaraan adalah bangsa Yunani Purba (Yunani Kuno). Metode yang dipakai bangsa Yunani menyelidiki negara bukan metode ilmiah seperti dikenal pada zaman sekarang. Ahli kenegaraan Yunani Kuno yang terkenal adalah Socrates, Plato, Aristoteles, Zeno dan Epicuros. Karya-karyanya masih tetap menjadi bahan pustaka penting di lingkungan universitas. Karya Plato yang sampai sekarang masih diperbincangkan adalah Politea (The Republic), Politicos (The Stateman) dan Nomoi (The Law). Aristoteles yang merupakan murid Plato juga menghasilkan karya monumental seperti Politica, Ethica Nicomachea, Methaphysica, Rethorica dan lain- lain. Teori Plato dan Aristoteles mengenai negara dan hukum ditulis dalam Politea (The Republic), Politicos (The Stateman), Nomoi (The Law), Politica dan Ethica Nicomachea.

IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENUNJANG P5 KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONISASI TRIMURJO TAHUN 1935-1942

 


Buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) dalam mendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka. Kami percaya bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran sejarah dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan mendalam bagi para siswa. Dengan memanfaatkan teknologi AR ini, siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang seolah-olah membawa mereka langsung ke masa lalu, sehingga pemahaman mereka terhadap peristiwa sejarah menjadi lebih konkret dan menyenangkan.

Pemilihan tema "Kolonisasi Trimurjo Tahun 1935-1942" ini bukanlah tanpa alasan. Periode ini merupakan salah satu periode penting dalam sejarah Indonesia, khususnya bagi masyarakat Trimurjo. Melalui buku ini, kami berharap dapat membantu siswa untuk memahami lebih dalam tentang sejarah awal mula kolonisasi Trimurjo tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Trimurjo pada masa tersebut. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang fakta sejarah, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka.

Buku Ajar Sejarah Pariwisata Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Lampung


 

Buku Ajar Sejarah Peristiwa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Lampung ini mengkaji atau membahas mengenai parisiwata atau kearifan lokal Lampung dalam konteks sejarah melalui pembelajaran sejarah lokal Lampung. Sejalan dengan tujuan dari Capaian Pembelajaran (CP)  bahwa pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keretampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang mempunyai kesadaran sejarah serta selaras dengan profil pelajar Pancasila. Pembelajaran sejarah yang dapat disajikan bertujuan guna melatih peserta didik memahami karakter ilmu sejarah secara kelolakan guna identitas lokal sekaligus membangun pola pikir serta kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia. Buku Ajar ini adalah bagian dari buku teks Mahasiswa yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa pada jenjang tersebut. Diharapkan, mahasiswa tertarik untuk mempelajari Pelajaran sejarah bukan disebabkan adanya keharusan pada struktur kurikulum. Melainkan, mahasiswa membutuhkan belajar sejarah guna mendapatkan pengetahuan untuk masa kini serta masa yang akan datang.